SELAMAT DATANG

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Kamis, 30 Desember 2010

STUDY VISIT KLASTER 12 BANYUMAS

Study visit dalam kegiatan bermutu  menjadi suatu kegiatan yang dilaksanakan pada MGMP Matematika Klaster 12 Banyumas. Untuk memberikan gambaran kegiatan direncanakan dibuatlah program kegiatan  dengan sumber seperti yang ada pada BBM Bermutu. Gambaran kegiatan yang di rencanakan MGMP Mateatika Klaster 12 Banyumas dapat di lihat pada proposal
program study visit. Berikut ini contoh proposalnya :

PANDUAN
STUDY VISIT
KE MGMP  MATEMATIKA KLASTER 1
DAN SMP NEGERI 3 PURWOKERTO


Tanggal 12 Januari 2011



MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP)
MATEMATIKA KLASTER 12

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUMAS
TAHUN 2010

HALAMAN PENGESAHAN


PROGRAM STUDY VISIT
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) MATEMATIKA KLASTER 12



Sokaraja, 6 Desember 2010
Ketua MGMP Matematika Klaster 12
Kabupaten Banyumas


Agus Dwianto,S.E.,S.Pd
NIP. 19600804 198301 1 004


Mengesahkan Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan                                                                  Ketua MKKS IV Kab. Banyumas
Kabupaten Banyumas




Drs. Santosa Eddy Prabowo                                                          Sulistyaningsih, S.Pd., M.Pd.
Pembina Tk 1                                                                                NIP. 19620412 198111 2 001
NIP 19600608 198612 1 001



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas perkenan-Nya kami dapat menyelesaikan proposal study visit dalam rangka melaksanakan program BERMUTU MGMP Matematika Klaster 12 Kabupaten Banyumas . Kegiatan study visit yang dilaksanakan tanggal 12 Januari 2011 dengan kunjungan ke kelompok MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas dan SMP Negeri 3 Purwokerto
Proposal ini tersusun berkat bimbingan dan bantuan dari beberapa pihak, untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kabupaten Banyumas yang telah memberikan pengesahan proposal kegiatan study visit
2. Ketua MKKS IV kabupaten Banyumas yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyusunan proposal program kegiatan.
3. Kepala SMP Negeri 3 Purwokerto yang telah memberikan ijin tempat kunjungan study visit.
4. Ketua MGMP Klaster 1 kabupaten Banyumas yang telah memberikan ijin tempat kunjungan.
5. Guru Pemandu yang telah memberikan masukan dalam penyusunan proposal ini
6. Segenap panitia yang telah membantu perencanaan kegiatan study visit.
7. Rekan-rekan peserta yang dengan kesabaran dan keakraban saling mendukung dan melengkapi perencanaan kegiatan ini.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan guna penyempurnaan di masa datang.

Ketua panitia

DAFTAR ISI
Halaman

Kata Pengantar i
Daftar Isi ii

A. Rasionalisasi Kegiatan Study Visit
B. Tujuan Study Visit
C. Sasaran
D. Materi
E. Out Put
F. Waktu
G. Pembiayaan
H. Pengelolaan Study Visit
I. Alur Kegiatan

Lampiran :
1. Susunan Panitia
2. Rencana Anggaran Kegiatan
3. Panduan dan Tata Tertib
STUDY VISIT
KE MGMP MATEMATIKA KLASTER 1 KABUPATEN BANYUMAS
DAN SMP NEGERI 3 PURWOKERTO
A. Rasional Pelaksanaan Study Visit
Undang- Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 20 ayat b mengamatkan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
Untuk melaksanakan amanat Undang-Undang tersebut, MGMP Matematika Klaster 12 Kabupaten Banyumas pada tahun 2010-2011 melaksanakan kegiatan belajar program BERMUTU. Kegiatan ini bersekretariat di SMP Negeri 1 Sokaraja beranggotakan 30 orang yang berasal 10 SMP di wilayah kecamatan Sokaraja dan kecamatan Kalibagor.
Setelah 3(tiga) kali pertemuan in service, 6 (enam) kali pertemuan rutin yang membahas kompetensi paedagogik guru, dan kegiatan on service peserta pada sekolah masing-masing, guru peserta banyak mengalami kendala. Peserta masih kesulitan dalam memahami isi program kegiatan program BERMUTU dan kesulitan dalam mengembangkan proposal PTK Di lain pihak ada MGMP Matematika yang lebih dulu melaksanakan program BERMUTU dan berhasil membelajarkan guru anggotanya membuat PTK dan mengimplementasi hasil kegiatan MGMP BERMUTU dalam kegiatan sekolah dan mengembangkan model pembelajaran di sekolah anggotanya
Untuk memotivasi guru-guru peserta MGMP Matematika Klaster 12 Kabupaten Banyumas, kami merencanakan study visit ke MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas dan SMP Negeri 3 Purwokerto yang telah berhasil dalam melaksanakan kegiatan BERMUTU. 
B. Tujuan Study Visit
Study vist ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh:
1. Gambaran pelaksanaan belajar di MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas;
2. Informasi faktor-faktor yang membuat MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas berhasil membelajarkan anggotanya membuat PTK;
3. Informasi implemetasi model pembelajaran di sekolah anggota MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas;
4. Informasi fasilitas belajar yang tersedia di MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas;
5. Gambaran perencanaan ,pelaksanaan KBM dan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Purwokerto.

C. Sasaran
1. MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas yang mendapat DBL dan memiliki keunggulan dalam kelengkapan sumber belajar, pemandu memiliki pengalaman praktis dalam membelajarkan teman sejawat.
2. SMP Negeri 3 Purwokerto SMP yang memiliki keunggulan dalam perencanaan, pelaksanaan KBM dan penerapkan pendekatan pembelajaran

D. Materi
1. Hasil pelaksanaan program bermutu di MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas.
2. Implementasi hasil kegiatan MGMP di SMP Negeri 3 Purwokerto.

E. Output
1. Informasi keberhasilan pelaksanaan belajar di MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas.
2. Informasi faktor-faktor yang membuat MGMP Matematika Kalster 1 Kabupaten Banyumas berhasil membelajarkan anggotanya membuat PTK.
3. Contoh proposal PTK anggota MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas.
4. Informasi fasilitas belajar yang tersedia di MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas.
5. Contoh perangkat pembelajaran yang menerapkan berbagai model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran

F. Waktu
Kegiatan study visit ke MGMP Matematika Klaster 1 Kabupaten Banyumas dan kunjungan ke SMP Negeri 3 Purwokerto akan dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2011 jam 07.00-14.00.

G. Pembiayaan study visit
Biaya study visit berasal dari anggaran yang dialokasikan dari Dana Bantuan Langsung (DBL). Rencana anggaran meliputi kegiatan administrasi, tramportasi, konsumsi ( rencana anggaran terlampir)


H. Pengelolaan Kegiatan
1. Koordinasi dengan Dinas Pendidkan, Forum MGMP di tingkat kabupaten untuk mematangkan program kunjungan secara rinci
2. Pembentukan Panitia Pelaksana, job diskription peserta , penyusunan Rencana Anggaran Kegiatan.
3. Penyusunan Panduan Pelaksanaan Study Visit
4. Penjelasan teknis kepada anggota MGMP klaster 12 sokaraja mengenai study visit ke MGMP Matematika klaster 1 kabupaten Banyumas dan SMP Negeri 3 Purwokerto
5. Pelaksanaan study visit
6. Analisis hasil kunjungan
7. Penyusunan Laporan
8. Penyusunan rencana tindakan

I. Alur Kegiatan /Tata Tertib Untuk Peserta
a. Persiapan
1) Mempelajari panduan study visit
2) Membagi tugas peserta study visit
3) Mempelajari instrument yang akan digunakan
4) Membuat catatan tambahan
5) Membawa alat perekam atau kamera jika diperlukan
b. Pelaksanaan
1) Peserta hadir tepat waktu sesuai jadwal pemberangkatan
2) Melakukan kegiatan sesuai panduan
3) Melakukan observasi yang telah disiapkan
4) Melakukan wawancara dengan instrument panduan wawancara yang telah disiapkan
5) Mencari informasi yang lengkap dari MGMP Klaster 1 kabupaten Banyumas dan SMP Negeri 3 Purwokerto yang dikunjungi
6) Mencatat informasi yang diperoleh melalui catatan study visit
7) Mengumpulkan dokumen yang diperlukan sebagai kelengkapan study visit
c. Tindak Lanjut
1) Mengolah hasil study dan menyusun laporan sesuai rambu-rambu
2) Melakukan perbaikan program , pelaksanaan kegiatan MGMP
3) Melakukan perbaikan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas sebagai implementasi hasil study visit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar